Monday, July 16, 2007

Berbagi Ilmu....

Selama satu minggu kemarin dari tanggal 10 - 14 Juli 2007 aku ambil bagian dalam menatar guru-guru Fisika dalam kegitan MGMP (MUsyawarah Guru Mata Pelajaran) yang khusus diadakan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru bidang studi dalam berbagai mata pelajaran.



Nah karena Fisika termasuk materi yang sulit dipahami oleh guru-guru di Aceh maka termasuk dalam materi yang harus di ajarkan.



Di Aceh ada 33 kabupaten dan kota untuk itu hampir sebagian besar Dosen Fisika terlibat ambil bagian...PRoyek ini kerjasama Yayasan FKIP dengan BRR. Jadi aku sebenarnya bintang tamu nih he..he.. karena merupakan dosen dari FMIPA yang diundang untuk menatar bersama.....



Mula-mula diajak...jangan ditanya stress nya....soalnya ini firstime berhadapan langsung dengan guru-guru di lokasi mereka sendiri lagi, bukan didalam kampus. Jadi untuk kegiatan ini dibagi dalam beberapa Zone aku kebagian dalam Zone 3 dengan kawasan, Lhokseumawe Kota, Kab. Aceh Utara dan Kabupaten Bireun.



Hari pertama benar-benar menegangkan..semua teman-teman se tim..menertawakan ku..mereka bilang..Rin..santai aja ngak usah stres gitu...tapi yang namanya pengalaman pertama yah mana bisa hati berkompromi dengan perasaan yang pasti jantung berdetak seperti mau copot he..he..



Ternyata..benar kata kawan-kawan...yang penting rileks..........Hari pertama dilalui dengan mulus dan alhamdulillah respons guru-guru juga lumayan baik..walaupun tetap ada yang protes sih tapi itu aku anggap sebagai pengalaman yang berharga sekali.............



Alhamdulillah sampai berakhirnya kegiatan apa-apa yang aku risaukan tidak terjadi..bahkan ketika program selesai mereka bersalaman dan memelukku mengucapkan ribuan terima kasih...aku serasa jadi artis...soalnya semua cipika cipiki sih.......



Rasanya senang sekali bisa berbagi ilmu gini secara langsung lagi...rasa haru melihat suasana sekolah di kabupaten yang sangat berbeda dengan suasana sekolah di Kota... Terbayang begitu sulitnya mereka mendapat informasi. Tapi mereka tetap semangat...mengabdikan diri. Sedikit jantung berdetak kuat ketika sebagian guru bercerita bahwa..ibu..alhamdulillah sekarang kami begitu mudah untuk belajar gini..dulu bu ketika konflik aceh berlansung untuk kesekolah aja kami susah.........Alhamdulillah...semoga...apa-apa yang aku berikan bermanfaat bagi mereka disana dan yang pasti Aceh tetap Aman dan damai.

enbe, satu minggu di kabupaten jadi ingat masa KKN yang 45 hari....

2 Comments:

  • Asyik ya Rin... bagi2 pengetahuan.
    Jadi kapan nih ujiannya? Balik ke Malaysia lagi ya?

    By Blogger putri, at 5:37 PM  

  • met ngajar ya bu! xixixi... keik apa ya lhokseumawe sekarang ya? daku dulu pernah di sana juga lho (92-94), rumahku di depan rs ... apa ya? itu thu rs-nya tni di jalan samudra. pas banget adepadepan ma igd-nya jadi tiap hari liat ambulance mlulu mondar mandir..

    By Blogger primaningrum, at 2:10 AM  

Post a Comment

<< Home


 
Lilypie 6th to 18th Ticker